Info
Travel Malang Batu Juanda Surabaya Sidoarjo Perak PP
Info
PAKET WISATA BROMO MALANG BATU
085103699750

081331639575

7EA4FC90

Info kuliner dan masakan khas malang

Info kuliner dan masakan khas malang – Kota Malang yang telah berdiri ratusan tahun kaya akan peninggalan sejarah serta keanekaragaman kuliner serta jajanan yang merupakan hasil dari akulturasi berbagai budaya masyarakat yang menghuni kota ini. Berbagai suku bangsa mendiami kota Malang yang asri, nyaman dan mempunyai banyak fasilitas umum yang terjaga baik. Taman-taman kota di kota Malang, kini bahkan telah dilengkapi dengan fasilitas hotspot internet, sehingga memungkinkan semua orang untuk mengakses berbagai informasi terkini. Tempat-tempat makan maupun jajanan yang banyak dijual di kota Malang pun harganya cukup murah dan terjangkau serta mempunyai nilai historis tersendiri yang tidak boleh dipandang remeh. Mengenai cita rasanya, tentu saja sangat lezat dan mengenyangkan. Keunikannya boleh ditandingkan dengan masakan serta jajanan di kota-kota lain di Indonesia.

Berikut ini info beberapa tempat yang lawas dan lumayan terkenal kuliner dan masakan khas malang :

Pecel Kawi

Sesuai namanya ya pasti adanya di Jalan Kawi Malang dekat perempatan Jalan Ijen. Tempat yang kepikiran pertama kalau pagi hari bangun terus kelaperan. Pecel dengan bumbu kemerah-merahannya yang pedas kumplit dengan peyek kacang dan segala lauk pauknya seperti empal, sate usus, sate daging dan kawan-kawannya memang manstabb. Tidaklah mengherankan kalau tiap pagi sudah banget cari parkiran di depan warung ini di buka.

Bakso Bakar Trowulan

Biasa dikenal juga dengan Bakso Bakar ABM, dikarenakan tempatnya yang dekat dengan salah satu nama salah satu perguruan tinggi swasta di kota Malang. Rasa khas bakaran bola-bola bakso dengan lumuran bumbu bakso bakar yang puedasss memberi tantangan baru untuk menyantap habis makanan ini. Dijamin keringat bakalan jatuh bercucuran. Mau pentol alus atau kasar terserah, semuanya sama enaknya. Asal jangan kebanyakan…bakalan jadi rajin bolak-balik ke kamar mandi. He2..

Soto Ayam Lombok

Menurut Saya racikan Soto Ayam Lamongan termaknyuuuss dengan bumbu yang pas hanya bisa ditemukan di tempat ini. Dinamakan Soto Lombok bukan karena kuah sotonya merah karena lombok semua..he2…cuma karena lokasi tempat makan awal yang ada di Jalan Lombok. Kombinasi soto ayam dengan taburan koyah dan jerohannya mantebb banget. Sampai Saya sendiri punya kebiasaan unik, Saya suka sekali celup-celup kerupuk ukuran raksasa ke kuah sotonya. Saat ini tempat ini punya cabang di beberapa kota. Tapi teteeepp…gak tahu kenapa Soto Lombok yang ada di Jalan Lombok tetep yang paling istimewa buat Saya.

Pangsit Mie Dempo

Sudah bisa ditebak, dinamakan Pangsit Mie Dempo dikarenakan lokasinya ada di samping sekolah yang terkenal dengan sebutan SMA Sempo. Sekilas tidak ada bedanya dengan pangsit mie bakso biasa apalagi tempatnya yang juga sangat biasa. Kekenyalan mienya pas, bumbunya pas tidak terlalu tajam dan juga tidak hambar. Justru kesederhanaan ini lah yang malah membuatnya jadi istimewa. Apalagi kalo disantap pas hujan-hujan…hmmmm…Belum lagi ditempat berderet makanan-makanan seperti bakso dan gado-gado plus aneka minuman seperti es teler dempo, es campur, es degan, es mocha, es durian dan lain sebagainya. Pas banget buat yang lagi mengganas ingin makan apa aja.

Ayam Goreng Tenes

Hyhhh..jangan ngawur mana ada Ayam Goreng bisa maen tenes he2…Gara-gara lokasinya ada di sebelah lapangan tenes stadion Gajayana Malang, gak heran namanya juga ikutan ada tenes-tenesnya. Di tempat ini, memang yang paling spesial adalah gorengan ayam kampungnya yang renyah banget. Tapi sebenarnya yang paling manstabb adalah sambeln cocolnya . Tidak tahu bumbu apa yang digunakan yg jelas maknyusss hasilnya. Ditempat ini selain mengandalkan ayam goreng juga menyajikan aneka olahan ikan air tawar seperti gurami dan kawan-kwan serta aneka olahan sea food. Layak memang untuk di coba.

Ayam Goreng Prambanansari

Menyebut ayam goreng tenes tak enak juga kalo tak sebut pula ayam goreng prambanan. Sajian ayam goreng yang kekeuh mempertahankan originalitas rasanya. Bumbu tidak setajam ayam goreng tenes, tetapi sama enaknya. Boleh di coba juga ayam bakarnya sedeeepppp. Tempat makan ini jugamerupakan salah satu tempat makan lawas dan bisa mempertahankan nuance tradisionalnya sampai sekarang. Untuk acara syukuran keluarga recommended banget tempatnya.

Rawon Rampal

Posisi tempat makannya tak jauh dari perempatan lapangan Rampal. Sepertinya tempat ini juga masuk deretan tempat makan yang legendaris di Malang. Pernah juga disamperin rombongan Pak Presiden SBY…he2..liat dari fotonya siih…he2, berarti sudah tidak dipertanyakan lagi khan kualitasnya. Menu yang disajikan empal dan soto plus lauk pauk nya seperti empal, jerohan, paru, otak-otak dan sebagainya.

Bakso President

Salah satu pesohor bakso dari kota Malang selain bakso Cak Eko dan Cak Man. Tak terbantahkan enak sekali memang rasanya bakso di tempat ini, apalgi bola-bola baso nya alias pentol baik yang besar, kecil seperti lumer banget di mulut. Bakso urat dan teman-temannya juga gak kalah enaknya. Tak mengherankan kalau tempat ini menjadi target sasaran kuliner selebritas ibu kota pas dolan ke kota kita tercinta ini.

Rujak Cingur

Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur , terutama daerah asalnya Surabaya yang sekarang merebak juga di kota Malang. Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah-buahan seperti ketimun, krai (sejenis ketimun khas Jawa Timur), bengkoang, mangga muda, dan ditambah lontong, tahu dan tempe, bendoyo dan cingur serta sayuran-sayuran seperti kecambah/tauge, kangkung dan kacang panjang. Semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng dan irisan tipis-tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). Semua saus/bumbu dicampur dengan cara diuleg, itu sebabnya rujak cingur juga sering disebut rujak uleg.

Dalam penyajiannya rujak cingur dibedakan menjadi dua macam, yaitu penyajian ‘biasa’ dan ‘matengan’ (menyebut huruf e dalam kata matengan seperti menyebut huruf e dalam kata: seperti/menyebut/bendoyo). Penyajian ‘biasa’ atau umumnya, berupa semua bahan-bahan yang telah disebutkan diatas, sedangkan ‘matengan’ (matang, jawa) hanya terdiri dari bahan-bahan matang saja; lontong, tahu goreng, tempe goreng, bendoyo (krai yang digodok) dan sayur (kangkung, kacang panjang, tauge) yang telah digodok. Tanpa ada bahan ‘mentah’nya yaitu buah-buahan, karena pada dasarnya ada orang yang tidak menyukai buah-buahan. Keduanya memakai saus/bumbu yang sama.

Makanan ini disebut rujak cingur karena bumbu olahan yang digunakan adalah petis udang dan irisan cingur. Hal ini yang membedakan dengan makanan rujak pada umumnya yang biasanya tanpa menggunakan bahan cingur tersebut. Rujak cingur biasa disajikan dengan tambahan kerupuk, dan dengan alas pincuk (daun pisang) atau piring.

Jika Anda berkesempatan berlibur di Malang ada beberapa restoran dan tempat bersantap yang saya pikir Anda patut mencobanya :

01. Rumah Makan Inggil di Jl. Gajahmada, berciri khas etnik Jawa Timur didekor lengkap mirip galeri dengan koleksi benda kuno jaman kolonial yang bikin ngiler pengunjung. Masakan pilihan saya : Sambal Pencit yang cocok dengan Gurame Goreng atau Bakar. Momen terbaik jika Anda bersantap malam sebab suasana amat mendukung jika Anda ingin mengalami nuansa jaman kolonial dengan diiringi live music lagu-lagu tempo doeloe. Ditambah sentuhan pakaian daerah dari para pramusaji-nya yang ramah.

02. Padi Resto & Galerry di Jl. Pahlawan Trip, resto yang merangkap galeri di sebuah rumah tahun 30?an bergaya art deco. Masakan pilihan saya : Blackpepper Steak dengan sajian Medium. Cocok untuk makan malam. Tempat terbaik jika Anda membutuhkan privacy pilihlah tempat di lantai atas.

03. Taman Indie Resto, di New Indie – Araya, tempat yang sangat cocok buat makan malam dan terletak di tepi sungai. Tempat terbaik buat saya di bawah dan menu istimewanya Ikan Patin Bakar atau Sup Buntut Sapi Goreng. Tempat yang mempesona dan amat khas. Plus romantis.

04. Pecel Glintung, di bilangan Jl. S.Parman ; nasi pecel terenak di Malang minimal menurut saya walau masih ada yang lain seperti Mbok Jo, Pecel Kawi dan seterusnya. Pecel Glintung terletak di pinggir jalan tapi terletak agak turun dari badan jalan. Bumbu dan menu pendamping seperti sate komoh, telur asin dan perkedel jagungnya membuat Anda kian seru menikmatinya. Semoga Anda sependapat dengan saya setelah mencobanya.

05. Depot 51, buat saya pribadi ini cwie mie (mie pangsit) terenak di Malang biar pun masih ada Mie Gang Jangkrik, Hot Cwie Mie dan lain-lain. Depot ini kecil nyelempit di bilangan Jl. S. Parman dekat lampu merah dan rada suah carinya sebab tidak pasang papan nama. Memang karena tempat agak sempit membuat orang kudu giliran buat memperoleh meja. Oh ya mohon jangan datang pada hari Selasa, sebab mereka libur tidak buka.

06. Tugu Restoran, Hotel Tugu Malang ; restoran yang ini memang kelas satu. Cocok buat makan pagi, siang atau malam. Menunya bervariasi dari Indonesia sampai Eropa. Anda bisa menikmati koleksi benda-benda kuno. Tempat yang patut Anda coba. Menu favorit saya disini Nasi dan Soto Kaki Kambing. Oh ya, Ice Lemon Tea-nya perfect !

07. Ayam Goreng Bang Saleh, di bilangan Karangploso. Satu-satunya restoran yang menyajikan gratis nasi putih. Ayam Goreng dan Sambal Terong-nya enak banget. Karena lokasinya menuju Batu dari arah Karanglo ; mungkin sebaiknya Anda mampir untuk makan siang dulu di tempat ini ketimbang ketemu macet (jika Anda kurang beruntung) saat menuju Batu. Tempat yang menyenangkan.

08. Dim Sum, Hotel Gajahmada. Di Malang memang ada beberapa restoran menyajikan dim sum seperti KDS di Araya dan Restoran Gang Jangkrik S. Parman ; tapi entah bagaimana dim sum di Hotel Gajahmada ini terasa lebih enak dengan harga relatif terjangkau. Sebaiknya Anda dan Keluarga datang pagi hari sekitar pukul 07.30. Bukannya apa-apa sikh kuatir kagak kebagian meja jika hotel sedang banyak tamu, sebab area yang digunakan adalah untuk makan pagi tamu hotel juga.

09. Restoran Manado di Jl. Cipto Mangunkusumo. Yang ini favorit isteri saya yang Manado. Restoran ini buat kami friendly banget dengan dekor khas Manado dengan meja-meja panjang dan lebar serta jejeran kursi-kursi. Tempat terbaik di dalam jika Anda mau bersantap malam. Tapi jika sekedar minum kopi dan menikmati penganan kecil khas Manado ; silahkan memilih meja di sisi kiri saat Anda masuk atau di bagian depan. Kelebihan restoran ini keramahan para pramusaji-nya. Kayak di Sonder, Minahasa – kata isteri saya soalnya bisa mendengar bahasa dewa yang sudah lama tidak didengarnya

10. Nasi Buk, di bilangan Stasiun K.A. Malang. Ini nasi buk khas Madura paling enak di Malang. Memang tempatnya kecil dan harus desak-desakan tapi semua itu jadi sirna ketika kita menikmati kelezatannya. Jangan sungkan jika Anda tidak bisa bahasa Jawa Malangan ; tetap saja bicara bahasa Indonesia ; Anda pasti akan dilayani dengan baik. Cocok banget buat Anda makan pagi bersama Keluarga.

11. Nasi Rawon Nguling, Pecinan. Yang ini tidak boleh diabaikan. Jika Anda ke Malang belum makan nasi rawon rasanya belum beneran deh Anda ke Malang. Di tempat ini Anda akan disajikan super cepat banget. Cocok buat makan pagi. Disamping nasi rawon masih ada menu lainnya. Tempat terbaik bagi Anda dan Keluarga adalah di bagian belakang, lebih sejuk dan senyap serta lapang.

12. Soto Lombok, dekat RS RKZ. Ini juga khas Malang. Cuma Anda harus siap jika Anda tidak suka makan makanan yang dicampur. Karena nasi dan soto akan disajikan dalam satu mangkuk. Pilihlah menu soto komplit dan minumnya es teh manis. Cocok buat makan pagi.

Tentunya masih banyak tempat untuk berwisata kuliner di Kota Malang misal di Food Court Matos (Malang Town Square), Araya dan Mitra II dan Sekitarnya misal sepanjang jalan ke Batu. Kendati demikian 14 tempat di atas adalah semata yang menjadi langganan saya sekeluarga selama ini ; tempat inilah yang dapat saya rekomendasikan kepada Anda dan Keluarga. Nah selamat berwisata kuliner di Malang.

Demikian info mengenai info kuliner dan masakan khas malang. Semoga bermanfaat

Sumber berita : infokulinie.org

Info kuliner dan masakan khas malang

Rp ,-

Informasi dan Pemesanan :

085103699750
081331639575
7EA4FC90
PudiTour